Cara Mengetahui Handphone Samsung Ori atau Palsu

  • 3 min read
  • Feb 27, 2020

Brand Samsung, siapa yang tidakkenal dengan Smartphone Brand Samsung. Samsung merupakan brand yang berasal dari korea yang tetap saja laris dipasaran walaupun memiliki banyak pesaing. Terutama saja smartphone terbitanya. Smartphone yang diproduksi Samsung ini selalu memiliki banyak peminat. Banyak sekali inovasi yang telah dikeluarkan oleh Samsung yang membuat konsumen jatuh hati.

Oleh karena itu tak mengherankan saat ini banyak sekali beredar smartphone Samsung yang palsu atau KW entah itu bongkaran dan dirakit lagi maupun bener bener palsu. Banyak sekali oknumyang memanfaatkan brand besar sebagai sarana pemaalsuan tak terkecuali Samsung juga banyak pemalsuan smartphone. Bagi anda penggemar setia Samsung tak perlu cemas, ini ada trik mengetahui smartphone Samsung asli atau palsu yang perlu kamu pelajarii!

#4 Cara ini bisa mengetahui smartphone Samsung asli/Original atau palsu

1. Pastikan IMEI yang ada di ponsel sama dengan yang ada di dus

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengetahui smartphone Samsung asli atau palsu adalah dengan cek kesamaan nomor IMEI yang ada di ponsel kamu dan kamu cocokkan dengan yang berad didus. Untuk cek IMEI di smartphone, yang harus kamu lakukan adalah tekan *#06# kemudian tekan tombol tefon. Akan muncul IMEI smartphone kamu dan kamu bisa mencocokkan yang dilayar dengan yang didus. Pastikan sesuai ya dengan yang ada didus, kalau tidak sesuai kamu jangan membelinya ya, kemungkinan smartphone tersebut tidak asli atau palsu.

2. Cek tipe smartphone melalui website resmi

Biar kamu mengetahui smartphone Samsung asli atau palsu yang ingin kamu beli, kamu dapat mengecek tipe smartphone kamu. Kamu harus melihat tipenya sudah sesuai atau belum. Caranya dengan mengunjungi situs IMEI.info untuk melakukan pengecekan tipe Samsung kamu. Masukkan nomor IMEI pada kolom yang disediakan dan cek. Setelah itu akan ditampilkan mengenai informasi tipe HP kamu beserta brand smartphone tersebut. Pastikan model yang termuat sama dengan smartphone kamu.

Mengenai spesifikasi smartphone, kamu bisa melihatnya disebelah kanan dan berbentuk tabel. Dari tabel ini kamu akan dapat mengetahui mengenai spesifikasi smartphone Samsung seperti ukuran layar, tahun rilis, berat smartphone, jenis SIM yang digunakan, kapasitas baterai, dan yang lainnya.

3. Cek smartphone Samsung anda made in mana

Cara mengetahui smartphone Samsung asli atau palsu yang lain bisa dengan melihat negara pembuatnya. Beberapa smartphone Samsung akan diproduksi di Cina, Korea, Amerika dan negara yang lainnya. untuk mengetahuinya kamu perlu tetap mengakses IMEI.info. kode IMEI terdiri dari beberapa angka yang mempunyai arti. Perhtikan kode IMEI anda, maka akan menemukan 2 digit nomor yang merupakan kode dimana ponsel tersebut dibuat. Kalau kamu menemukan kasus bahwa smartphone kamu di produksi di negara X, tetapi dalam kardus tercantum negera Y, maka kamu patut untuk curiga. Tapi belum dipastikan itu palsu kok, bisa saja karena di negara y memang memiliki aturan yang mengharuskan perakitannya dibuat di negara Y, akan tetapi untuk komponen-komponennya berasal dari negara X.

4. Coba lakukan Tes Pada hardware ponsel

Cara terakhir yang harus kamu lakukan yaitu mengetes komponen atau hardware yang terdapat di ponsel tersebut. Coba tes layar LCD, getaran, sensitivitas sentuhan layar, kamera, speaker, dan yang lainnya. untuk kamu yang akan mengecek hardware, kamu bisa mengakses *#0*#dan tekan tombol call. Setelah itu kamu akan dihadapkan menu menu yang bisa kamu gunakan untuk testing hardware smartphonemu. Untuk menu yang ada pastinya setiap smartphone akan tidak sama tergantung tipe atau model smartphone kamu. Menu yang ditampilkan akan berupa kotak kotak yang terdapat keterangan warna. Untuk itu kamu bisa dengan mencoba menekannya satu persatu.

Seperti itulah trik yang mudah kamu terapkan saat kamu bingung smartphone Samsung asli atau palsu. Kamu harus teliti sebelum membelinya. Jangan sampai kamu sudah mengeluarkan uang banyak malah tertipu dengan smartphone yang kamu beli malah palsu atau replika. Kamu akan sangat dirugikan kalau sampai smartphon Samsung yang kamu beli ternyata palsu karena akan memiliki hardware yang jauh dari original walaupun secara luar bentuknya sama. Teliti saat kamu ingin membeli ya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *