Penyebab Sinyal Wifi Lemot Dan Cara Mengatasinya

  • 2 min read
  • Mar 07, 2020

Kamu memiliki wifi dirumah ? pastinya banyak orang yang memiliki router wifi sendiri di rumah. Suka sebal saat wifi jadi lemot ? kan sayang kalau kamu sudah bayar mahal, malah wifi kamu tidak lancar. Penyebab sinyal wifi lemot bisa karena beberapa masalah yang mungkin terlihat sepele namun berdampak banyak terhadap kelancaran internet anda. Jadi, kamu harus segera mencari masalah apa yang terjadi biar kamu segera dapat mengatasinya.

Kalau kamu masih bingung, yuk simak penjelasan berikut mengenai penyebab sinyal wifi lemot dan cara mengatasinya.

#Inilah 6 hal penyebab sinyal wifi lemot

1. Koneksi internet

Kemungkinan pertama penyebab sinyal wifi lemot tentulah koneksi internet. Jadi sebelum kamu mengotak atik perangkat wifi sebaiknya kamu memeriksa koneksi internet dengan langsung menggunakan kabel ethernet untuk online. Kalau memang koneksimu tetap lambat, berarti memang ada masalah dari ISP kamu. Kalau masalah memang berasal dari kabel ISP, kamu hanya perlu menghubungi pihal ISP untuk menyelesaikan masalah yang kamu hadapi.

2. Firmware

Mungkin penyebab sinyal wifi lemot selanjutnya adalah firmware modem atau router yang kamu gunakan. Kamu harus mengupdate secara rutin untuk memeriksa firmware modem dan router kamu selalu up to date. Update firmware sangatlah penting karena biasanya akan disertai perbaikan bug dan software.

3. Router wifi

Wifi dan jenis lainnya dapat berkinerja buruk saat ada gangguan sinyal. Akibatnya komputer harus mengirim ulang pesan untuk mengatasi masalah sinyal. Jaringan nirkabel tetangga dan beberapa peralatan rumah tangga dapat mengganggu komputer kamu.

Agar wifi kamu tidak lemot karena gangguan sinyal, kamu perlu memindahkan posisi router kamu dan kamu ubah saluran/ chanel wifi kamu. Kamu harus menempatkan router wifi di posisi yang ideal. Posisi yang ideal akan dapat memaksimalkan sinyal wifi yang dapat membuat kamu untuk browsing lebih cepat dalam menikmati internet.

4. Koneksi router wifi

Salah satu penyebab sinyal wifi lemot lainnya yaitu koneksi router wifi. Gunakan pengaturan koneksi router wifi sehingga perangkat kamu dapat berjalan secara maksimal. Megingat sekarang hampir semua perangkat wifi sudah mendukung 2.4 GHz 802.11g dan juga mendukung 54 Mbps. Apabila kamu memilih 5 Ghz, maka akan perangkat yang mendukung dual band wifi saja yang dapat terkoneksi. Sedangkan untuk yang 802.11ac tidak dapat menjalankan koneksi secara maksimal.

Kamu juga perlu memastikan agar router broadband dikonfigurasi dengan benar. Pengaturan MTU router yang diatur terlalu tinggi atau rendah akan mengakibatkan masalah kinerja. Pengaturannya harus selalu konsisten dengan produsen dan internet service provider (ISP). Biar kamu tidak lupa, kamu bisa mencatat setiap perubahan konfigurasi router tiap bulannya dan bisa dikembalikan seperti semula jika memang diperlukan.

5. Antena

Apabila antena router kamu memungkinkan untuk upgrade, maka sebaiknya kamu menggantinya dengan yang lebih besar. Dengan antena terbaru dan lebih besar maka kekuatan sinyal yang kamu perolehpun akan lebih besar. antena juga sangat mempengaruhi, semakin kuat sinyal maka data yang ditransfer akan lancar sehingga ketika kita internetan, streaming youtube ataupun ngegame jadi lebih lancar dari biasanya.

6. Hal lain yang menyebabkan turunnya kecepatan internet

Selain 5 hal tersebut, kamu juga perlu memperhatikan hal hal lain yang dapat menyebabkan sinyal wifi lemot yang terjadi. Bisa jadi masalah itu berasal dari luar, misalnya saja ada software atau perangkat lain yang memankan bandwith yang harus kamu periksa di komputermu. Selain itu, kemungkinan bisa juga karena ada orang lain yang menembus sistem keamanan kamu. Untuk itu kamu bisa cegah dengan membuat pasword yang aman sehingga tidak sembarang orang bisa mengambil bandwith kamu.

Kemungkinan kemungkinan itulah penyebab sinyal wifi lemot. Kamu perlu memeriksanya satu persatu dengan teliti. Setelah kamu menemukan masalahnya, perlu mencoba mengatasinya agar koneksimu tetap stabil. Sehingga, kamu bisa menjelajah internet dengan lancar.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *