Yang Harus Dilakukan ketika HP Android Tercebur Air

  • 2 min read
  • Feb 25, 2020

Bagaimana Menangani Smartphone atau HP Android yang Tercebur ke Air agar tidak mati total?. itu mudah mari kita simak,

Kebiasaan orange sekarang kekamar mandi pasti bawa HP atau smartphone dan Smartphone yang kita bawa tiba tiba tercebur ke dalam air merupakan hal yang sangat menyebalkan. Karena sebagai perangkat elektronik, smartphone yang terkena air, komponen di dalamnya hampir dapat dipastikan mengalami kerusakan. Oleh karenanya, tak jarang para pengguna smartphone hanya bisa pasrah ketika melihat telepon genggam kesayangan tanpa sengaja tercebur ke dalam air. Namun jangan berputus asa para sahabat sekalian, karena ada beberapa Tips Menangani Smartphone yang Tercebur ke Air dengan cara yang mudah.

Ketika kalian mendapati smartphone kesayangan jatuh dalam genangan air, tak ada salahnya melakukan beberapa langkah di bawah ini, siapa tahu kerusakan yang diakibatkan tidak terlalu parah bagi smartphone kalian lo. Yuk kita simak, apa saja ya Tips Menangani Smartphone yang Tercebur ke Air. Simak pemaparanya di bawah ini.

#Tips Menangani Smartphone yang Tercebur ke Air dengan Mudah

1. Segera keluarkan dari air dan segera matikan smartphone

Langkah pertama ketika smartphone tercebur ke dalam air, sebaiknya segera keluarkan dari air dan segera matikan perangkat kalian. Hal ini dilakukan agar smartphone tidak telalu lama berada di dalam air yang dapat memperbesar kemungkinan terjadinya kerusakan. Kemudian, pastikan bahwa smartphone benar-benar dalam kondisi mati. Jika pada saat smartphone setelah tercebur masih bisa atau dalam kondisi menyala, segera matikan perangkat dengan cara seperti biasa atau langsung mencabut baterai smartphone. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya korsleting pada smartphone.

Baca Juga : Mempercepan koneksi WIFI

2. Perhatikan hal yang sebaiknya tidak dilakukan

Untuk memastikan agar smartphone tidak terkena dampak yang lebih buruk, Tips Menangani Smartphone yang Tercebur ke Air selanjutnya yaitu lakukan beberapa perintah “jangan” dibawah ini:

  • Jangan langsung menyalakan smartphone
  • Jangan memencet tombol apapun
  • Jangan menggoyang-goyangkan ponsel
  • Jangan keringkan ponsel dengan hair dryer dengan menggunakan suhu tinggi

3. Bongkar dan pisahkan komponen smartphone

Ketika smartphone tercebur ke dalam air, segera keluarkan bagian-bagian komponen dari perangkat tersebut seperti baterai, kartu SIM atau memorycard untuk menghindari kerusakan yang lebih meluas. Selain itu, jika kalian memiliki kemampuan teknisi yang mumpuni dan tak takut kehilangan garansi, kalian bisa membongkar komponen smartphone kalian sehingga dengan begitu masing-masing dari bagian komponen tersebut dapat dikeringkan dengan lebih cepat.

4. Gunakan tisu dan vacum cleaner

Setelah komponen-komponen tadi kalian bongkar, kalian bisa membersihkan sisa-sia air dengan menggunakan tisu atau kain lembut. Sebaiknya proses pengeringan ini dilakukan dengan hati-hati ya, agar tidak merusak komponen-komponen tersebut. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan vacum cleaner untuk mengeringkannya.

5. Waktu pengeringan

Tips Menangani Smartphone yang Tercebur ke Air yang terakhir yakni lama atau waktu pengeringan. Barang elektronik yang memang sensitif terhadap air, jika sudah tercebur ke dalamnya maka yang dapat kita lakukan adalah bersabar mengunggu waktu pengeringan yang memang membutuhkan masa yang cukup lama. Jadi, untuk memastikan air di dalam komponen benar-benar kering, letakkan ponsel di dalam almari dan diamkan selama beberapa hari.

Cara yang dapat kalian lakukan untuk mempercepat proses pengeringan yaitu dengan cara memasukkan smartphone ke dalam kantung kedap udara yang berisi beras dan didiamkan selama dua hingga tiga hari, karena Beras terkenal sangan bagus menyerap kelembapan udara. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan silica gel yang kegunaanya juga sama-sama bisa menyerap kelambapan udara, sehingga dapat digunakan untuk memastikan bahwa smartphone benar-benar kering.

Nah, beberapa Tips Menangani Smartphone yang Tercebur ke Air bisa kalian gunakan jika kalian mengalami hal tersebut. Semoga bermanfaat sobat.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *